Sunday, December 4, 2016

Begini Cara Aktifin 4G di Xiomi Redmi Note 3 Resmi

Xiomi Redmi Note 3 dibekali dengan layar IPS berukuran 5'5 inci
Saat ini smartphone Xiomi Redmi Note 3 memang dirilis dalam kondisi 4G terkunci. Itu artinya, pengguna tidak bisa menggunakan jaringan tersebut.

Namun pengguna tidak perlu khawatir, sebab ternyata ada cara khusus yang bisa dilakukan untuk membuka koneksi 45 tersebut.

Pengguna yang ingin memakai koneksi 4G di ponsel Redmi Note 3 ini bisa memanfaatkan menu rahasia Android. Cara ini masih tetap bisa digunakan meski ponsel sudah diperbarui ke MIUI versi 8.

Sesuai yang dirangkum Daily Gadget dari KompasTekno, pada Minggu (4/12/2016), berikut adalah cara menyalakan 4G tersebut:

1. Pastikan memakai kartu SIM 4G

Sebelum melakukan cara ini, pastikan bahwa anda telah menggunakan kartu SIM yang telah mendukung jaringan 4G LTE. Jika anda belum memilikinya, tukarlah kartu tersebut ke penyedia layanan yang anda gunakan. Kemudian pasanglah kartu sim ini di slot pertama.

2. Nyalakan Airplane Mode

Bila anda sudah menggunakan kartu SIM 4G, selanjutkan anda bisa mengikuti langkah ini. Pertama, nyalakan menu Airplane Mode dan bukalah slot kartu SIM.

Tujuannya adalah agar kartu yang ada didalam tidak terdeteksi oleh sistem. Jadi anda cukup melonggarkannya saja.

3. Masuk ke menu rahasia

Berikunya, silahkan anda buka menu telepon dan ketik *#*#4636#*#*. Ini merupakan cara pintas unutk masuk ke salah satu menu rahasia milik ponsel bersistem Operasi Android.
Menu rahasia Android bisa dimanfaatkan untuk membuka koneksi 4G di Xiomi Redmi Note 3
Isinya adalah pengaturan koneksi jaringan milik ponsel anda. Setelah menu ini terbuka, segeralah pilih phone information 1 dan geser bagian paling bawah.

Cari tulisan "Set preferred network typo". Kemudian klik tulisan tersebut agar muncul berbagai daftar jaringan yang didukung oleh Redmi Note 3. Biasanya akan muncul berbagai jenis koneksi, mulai dari 2G, CDMA, 3G, hingga 4G.

Untuk diketahui, menu pilihan jaringan itu tidak akan bisa diubah jika anda memakai Redmi Note 3 dalam keadaan kartu SIM terpasang. Karena alasan itulah anda harus melepasnya terlebih dahulu.

4. Aktifkan CDMA Only

Dari sekian banyak variasi jenis koneksi jaringan di menu rahasia tersebut, carilah tulisan "CDMA Only". Pilih opsi ini dan keluarlah dari menu rahasia tersebut.

Setelah keluar, segera masukkan kartu SIM ke dalam slot yang semestinya. Anda akan melihat bahwa ponsel sementara waktu bekerja mencari jaringan waktu yang sesuai.

5. Segera buka menu pengaturan Android

Setelah di ubah CDMA Only, maka menu di pengaturan Xiomi Redmi Note 3 akan berubah menjadi 4G(CDMA)
Tepat setelah menutup menu rahasia dan memasukkan kembali kartu SIM, anda harus segera masuk ke menu pengaturan (Setting), lalu buka pilihan SIM card & Mobile Network, dan pilih nomer yang dipasang di slot 1.

Berikutnya, cari menu "Preferred network type". Didalam menu tersebut kini sudah ada pilihan Global. Preferred 4G (CDMA), serta preferred 3G (CDMA). Pilihlah Preferred 4G (CDMA).

Kemudian keluarlah dari menu pengaturan, dan lalu perhatikan ikon yang menampilkan bar sinyal ponsel. Anda akan melihat bentuknya sudah berubah menjadi 2 bar bertumpuk layaknya ponsel CDMA.

Menyalakan 4G pada Xiomi Redmi Note 3

Bar di bagian bawah kosong, sedangkan bar yang atas menunjukan tulisan 4G, bertanda ponsel sudah bisa terhubung ke jaringan internet cepat tersebut.

6. Tidak bisa telepon

Namun ada satu kekurangan bila anda menyalakan 4G menggunakan metode menu rahasia ini. Karena jaringan sudah di ubah menjadi CDMA, maka nomer berbasis GSM tidak akan bisa dipakai untuk panggilan keluar, menerima panggilan, atau mengirimkan pesan singkat (SMS).

Ada baiknya anda menggunakan dua SIM card jika ingin memakai metode ini.  Dengan memakai dua SIM card, anda bisa membaginya, yakni slot pertama untuk 4G saja dan slot kedua untuk menampung nomer utama yang dipakai menelepon dan kegiatan lain.

Selamat Mencoba!

0 komentar:

Post a Comment