Saturday, December 3, 2016

Bahaya, Jangan Sesekali Pakai "Charger Palsu" Untuk iPhone

Salah satu gambar charger dari situ resmi Apple China yang menerangkan ciri-ciri charge iphone 5 asli
Charger orisinil buata Apple memang di banderol cukup mahal. Kabel dan charger bisa saja di jual dengan harga berkisar Rp. 400.000 hingga Rp. 500.000.

Akhirnya banyak orang yang menyikapi hal tersebut dengan membeli charger palsu yang dibanderol dengan harga yang jauh lebih murah. Namun, tahukah anda, bahwasannya charger yang seperti itu ternyata berbahaya dan berpotensi merusak iPhone anda?.

Untuk membuktikan hal tersebut, perusahaan independen UL Laboratory melakukan serangkaian uji coba keamana terhadap berbagai charger palsu yang di jual di toko online. Contoh pengujian yang di lakukan yaitu dengan mangalirkan listrik bervoltase tinggi untuk melihat ketahanan, aliran, dan kemungkinan kegagalan isolasi arus.

Sebagaimana yang di rangkum Daily Gadget dari KompasTekno, Sabtu (3/12/2016), hasil pengujian tersebut benar-benar buruk. Dari 400 charger yang di uji, 497 di antaranya gagal memenuhi prosedur pengujian kemanan.

"Tingkat kegagalan rata-ratanya sangat tinggi, melebihi 99 persen. Dari 400 unit yang di uji coba, hanya 3 yang berhasil melewati pengujian keamanan dasar dan perlindungan dari kejutan listrik. Sedangkan 12 unit diantaranya didesain sangat buruk sehingga berpotensi menyetrum pengguna," demikian tertulis dalam laporan penelitian UL Laboratory.

Hal tersebut bukan berarti 99 persen charger palsu akan menyetrum penggunanya. Namun, karena tidak memiliki mekanisme keamanan yang benar, charger palsu tersebut tidak dapat menahan lonjakan listrik yang terjadi secara tiba-tiba dan bisa mengakibatkan posel rusak dan terbakar.

Oleh sebab itu, sangat di sarankan untuk menggunakan charger yang asli. Pasalnya, charger palsu, berdasarkan hasil penelitian tidak memiliki tingkat keamanan yang baik.

Sekedar anda ketahui, anda tidak harus menggunakan charger orisinil buatan Apple agar teteap aman. Apple sendiri memberikan pilihan lahin pada pengguna, yakni aksesori buatan perusahaan lain yang sudah resmi mendapatkan sertifikasi.

Nah, charger ini biasanya dibuat di bawah bimbingan program "Made for iPhone". Produsen charger tersebut pun membayar biaya lisensi, sebagai ganti izin untuk menggunakan konektor Lightning dan berbagai sirkuit buatan Apple.

Harga aksesoris dan charger bersertifikat ini memang cukup mahal, tapi kinerjanya bisa dipastikan serupa dengan versi orisinil.

Biasanya, charger yang memiliki sertifikat ini memiliki logo "Made for iPhone/iPad/iPod" di kemasannya. Hanya satu saja yang tidak dilisensikan oleh Apple yaitu kabel USB-C to Lightning.

Bila pengguna ingin mencari kepala charger buatan Apple, satu hal yang paling penting untuk diperhatikan adalah penanda UL atau CE yang menempel padanya.

Kedua penanda ini mengindikasikan kepala charger tersebut sudah lolos uji dan sudah legal, berdasarkan standar UL Laboratory serta standar Legalitas Uni Eropa.

Selain itu juga, pastikan anda membeli dari toko terpecaya, arus listrik keluarannya benar-benar 2,1 ampere, dan tidak memiliki tulisan-tulisan aneh.

0 komentar:

Post a Comment