Friday, December 2, 2016

Resmi, Ponsel Nokia Kembali Hadir Awal 2017 dengan Android

Nokia C1 Android
Kabar yang menyebut Nokia bakal "Comeback" di awal 2017 nanti akhirnya telah terkonfirmasi. HMD yang tak lain adalah pemegang lisensi kekayaan intelektual beserta merek "Nokia" mengiyakannya melalui keterangan pers.

"HMD akan membawa smartphone Nokia generasi terbaru. Produk pertama akan diluncurkan pada semester pertama 2017", begitu juga yang tertera pada keterangan pers, sebagaimana yang di rangkum Daily Gadget dari KompasTekno, jumat (2/12/2016).

Merek Nokia akan kembali ke pasar ponsel dunia dengan smartphone-smartphone Android yang dirancang dan diproduksi oleh HMD.

Meski begitu, masih belum tertera tanggal pasti peluncuran ponsel Android Nokia pertama ini. Disinyalir, ajang Mobile World Congress (MWC) yang di gelar pada februari mendatang di Barcelona ini akan dijadikan momentum yang pas.

Dikarenakan, Nokia dan HMD sama-sama telah menyewa tempat di ajang MWC nanti. Nokia akan berada di Main Hall, sementara HMD memilih area Convention Center.

Mengenai hal ini masih belum dikonfirmasi oleh HMD maupun Nokia. Pada situs resminya, Nokia hanya menyebutkan pihaknya tengah sibuk untuk mempersiapkan lini smartphone bersitem operasi Android. Tak ada tanggal yang diungkap.

Diketahui, pada bulan Mei lalu, unit bisnis ponsel Nokia dialihkan ke FIH Mobile dari Microsoft. FIH tak lain adalah anak usaha raksasa perakit smartphone, Foxcom. Dalam waktu berdekatan, Nokia juga mengumkan telah melisensikan properti intelektual mereka berikut merek "Nokia" ke perusahaan baru, HMD Global.

HMD Global dan FIH Mobile telah bersinergi dan membagi peran masing-masing. HMD merancang mobile gadget dibawah bendera Nokia, sementara produksinya diserahkan ke FIH. Nah, FIH dan HMD lah yang memikul beban untuk mengembalikan kejayaan Nokia di industri ponsel.

Ada tiga smartphone Nokia yang digadang-gadang bakal meluncur pada awal 2017 mendatang. Dua diantaranya menurut kabar menjadi kelas premium. Sementara satunya diproyeksikan untuk kelas menengah ke bawah. Dua nama yang bocorannya ramai beredar adalah Nokia D1C dan P1. Kita tunggu saja.

0 komentar:

Post a Comment