Sunday, November 13, 2016

Google Pixel Berhasil Di Bobol "Hacker" China Dalam Semenit

Sumber: Kompas
Google Pixel, Ponsel milik Google ini ternyata tidak dapat bertahan lama dari tangan-tangan terampil para Hacker asal China tersebut. Mereka berhasil membobol ponsel besutan Google ini hanya dalam waktu semenit.

Syukurnya, Para Hacker ini bukanlah Hacker jahat, Mereka adalah kelompok "White-Hat" alias "Hacker Baik". Mereka adalah kelompok yang hendak mendemontrasikan celah keamanan yang ada di dalam Google Pixel tersebut, dalam acara kompetisi Hacking 2016 Pwnfest di Seoul, Korea Selatan, Jumat Kemarin.

Seperti yang di rangkum oleh Daily Gadget dari KompasTekno (13/11/2016), Kelompok Hacker yang bernama Qihoo 360 itu melakukan pembobolan dengan cara memanfaatkan kelemahan sistem keamanan yang belum di ketahui oleh Google sendiri(zero-day vulnerability) untuk menyuntikan kode exploit berbahaya kedalam pixel secara remote.

Qihoo 360 yang berhasil bobol pixel dalam semenit
Setelah melakukan penyuntikan ke dalam ponsel sebelum 60 detik, Qihoo berhasil mengambil alih kendali Pixel tersebut.

Sebelum menampilkan pesan tersembunyi"Pwned by 360 Alpha Team" sebagai tanda bahwa ponsel tersebut telah di retas, Kode exploit tersebut terlebih dahulu menjalan aplikasi Google Play Store dan Google Chrome.

Informasi selengkapnya mengenai Peretasan Smartphone Pixel tersebut lantas di sampaikan ke pihak Google agar celah keamana yang bersangkutan bisa segera di tambal.

Atas jasanya tersebut Qihoo di ganjar hadiah senilai 120.000 dollar AS atau sekitar 1.6 Miliar Rupiah.

Tidak hanya itu, Qihoo juga berhasil menemukan berbagi kelemahan yang terdapat pada Microsoft Edge pada Windows 10 dan Adobe Flash.

Jika di hitung secara keseluruhan, berarti Qihoo berhasil mengantongi uang sebesar 520.000 dolla AS atau sekitar 6.9 Miliar Rupiah dari ajang Event Pwfest 2016.

0 komentar:

Post a Comment